RPP BAHASA INGGRIS KELAS X XI XII SMK SMA KURIKULUM 2013 TAHUN 2016


RPP Bahasa Inggris SMA/SMK/MA Kurikulum 2013

Silahkan Download RPP Kur 13 dibawah ini :

Silabus SMA Mapel B. Ing [Download] KI KD [Download]

Download RPP Kelas X

Download RPP Kelas XI

Download RPP Kelas XII


STANDAR KOMPETENSI

3.   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam knteks sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR :

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi) rsmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam kontek sehari-hari dan melibatkan tindak tutur :
- Memperkenalkan diri dan orang lain.

3.2 Menyatakan bertemu dan berpisah

INDIKATOR :

1.    Siswa dapat. Memperkenalkan diri dan orang lain.
2.    Siswa dapat. Menyatakan bertemu dan berpisah

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.    Melatih siswa  Memperkenalkan diri dan orang lain.
2.    Melatih siswa  Menyatakan bertemu dan berpisah
3.    Melatih siswa  melengkapi rumpang-rumpang dalam teks dialog yg diberikan.
4.    Melatih siswa  menjawab pertanyaan untuk memahami isi dialog yg diberikan.
5.    Melatih siswa  mempraktekkan diaolog.
6.    Melatih siswa  membuat percakapan singkat yg Memperkenalkan diri dan orang lain dan  Menyatakan bertemu dan berpisah

MATERI AJAR ;

a.    Memperkenalkan diri

    URAIAN MATERI  :
-    I’d like to introduce myself. My name is ...
-    May i introduce myself? I’m...
-    Have we met before? I’m ...
-    Hi. I’m ...

*  Merespon perkenalan :
-    It’s  a pleasure to meet you
-    (It's) nice to meet you
-    (I’m) glad to meet you
-    Hello
-    Hi

b.    Memperkenalkan orang lain
-    Mr. Tono, I’d like to introduce my colleague, Mr. ….
-    I’d like you to meet Rina, my classmate
-    Budi, this is Romeo. Romeo, this is Budi

c.    Menyatakan bertemu
•    Formal Situation
Greetings;                        Responses;
- Good morning/afternoon/evening            - Good morning, afternoon, evening
- How are you?                    - I’m fine, thank you

•    Informal Situation
- Hello. How are things?                - (I’m) all right
- How are you doing                    - O.K. What about you?
- How is life?                        - Fine. And you?
- How is it going?                    - Pretty well
- How’s everything                    - Not bad

d.    Menyatakan berpisah
-    Good bye
-    See you
-    It was nice seeing you. Goodbye
-    Thank you for your time. Goodnight
-    I really must go. goodbye





METODE PEMBELAJARAN :
THREE PHASE TECHNIQUE ( PRE – WHILST – POST )

LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN :

AKTIVITAS    WAKTU
1.    KEGIATAN AWAL
    Greeting
    Mengenalkan inidikator

2.    KEGIATAN INTI
    Guru mengenalkan ungkapan yg Memperkenalkan diri dan orang lain. ( materi terlampir ).
    guru mengenalkan ungkapan yg menyatakan bertemu dan berpisah ( materi terlampir ).
    Guru menyediakan dialog tak lengkap yg ahrus dilengkapi siswa. ( materi terlampir ).
    Guru menyatakan isi dialog baik yg tersurat maupun tersirat dalam memahami isi surat. ( materi terlampir ).
    Guru meminta siswa untuk mempraktekan siswa secara berpasangan.  .
( materi terlampir ).
    guru meminta siswa membuat percakapan singkat yg mengungkapkan tentang Memperkenalkan diri dan orang lain dan menyatakan bertemu dan berpisah secara individu.

3.    KEGIATAN AKHIR
    Review
    Pemberian tugas kepada siswa untuk mempersiapkan pertemuan berikutnya .
    Leave taking
    5 menit



10 menit


10 menit

10 menit

10 menit

25 menit

15 menit




5 menit



COMPLETE THE DIALOG USING THE GIVEN SENTENCES OF PHRASES !

DIALOG 1

Peter    : Good morning, Mrs. Nisa’?
Mrs. Nisa’    : ..............................., Peter
Peter     : How are you this morning ?
Mrs. Nisa’    : ..................., thank you.
Peter    : Did you have a nice weekend ?
Mrs. Nisa’    :Yes, ……………….

DIALOG 2

Astrit    : Good bye, Fatimah
Fatimah    : ……………., Astrit
         It’s nice ……………..

DIALOG 3
Study the following dialog to understand the use of several ways to make self introductions. Underline the expressions to introduce oneself in the dialog.
•    Rahmat  introduces himself to his new friend
Rahmat  : Hello. I’d like to introduce myself
My nsme is rahmat saleh
I’m a first year student at SMA PGRI  I  JOMBANG
I live at Jl. Patimura No. 7 Jombang
Ali    : Nice to meet you. My name is …….
     ……………………………………….
DIALOG  4
Arman    : Ton, this is Bob. He is ............
Tono    : .................. to meet you
Boby    : Happy to meet you
Tono    : Sorry, ..................
Boby    : Nice meeting you
Tono    : .................... later



Mengetahui,
Kepala MA Hasyim Asy’ari




Moh. Dimyanto, S.Ag     Guru Bahasa Inggris





Hndro Subiyantoro, S.Pd



Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris terkait teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.


Menunjukkan perilaku peduli, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi terkait teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.

Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.

Merespon makna teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/ peristiwa.

Menyusun teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.




9 komentar:

  1. Terimakasih. Saya dwnloade silabus dan rppnya. Di blog lain banyak yang hanya iklan semata.

    BalasHapus
  2. SMA N 1 Samatiga dan Samir semua file dapat didownload ok biar mempermudah download saya upload lewat google drive

    Ach Salman Sama sama terima kasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  3. Unknown dan Kesuma Hastuti File sudah saya Upload ulang Monggo bisa di download Ulang

    BalasHapus
  4. Terimakasih. RPP'y bisa di download. ini sangat membantu

    BalasHapus
  5. terimakasih sharingnya mas

    BalasHapus

Silahkan isi komentar, saran, maupun kritik biar blog ini semakin ok